ROUTE PERJALANAN SURABAYA KE BROMO NAIK MOTOR ATAU MOBIL VIA PASURUAN

Berawal dari pengalaman pribadi menikmati tempat wisata Gunung Bromo yang exsotic,gak akan nyesal pokoknya kalau berkunjung kesana,berikut ini postingan yang akan saya bagikan kepada anda semua yang berniat untuk berwisata ke Bromo melewati jalur Surabaya- Pasuruan - Wonokitri- Bromo.

1.ROUTE
Route yang dilewati kalau dari arah Surabaya lewat Sidoarjo,naik mobil bisa lewat Tol atau lewat jalan Kota menuju ke arah Gempol,dari pertigaan Gempol belok kiri kearah Pasuruan,lurus terus ke arah Pasuruan sampai pertigaan Tugu Adipura belok kanan ke JL Gatot Subroto,lanjut ikuti jalan Raya sampai ketemu perempatan,belok kanan ke Jl KH Ahmad Dahlan,lanjut ke selatan sampai di perempatan belok kiri ke Jl Raya warung Dowo timur,sampai ketemu pertigaan belok kanan ke Jl Raya Bromo,ikuti petunjuk arah sampai ke Wonokitri (Information Centre),di Wonokitri Anda bisa mengunjungi Information Centre tentang situasi dan cuaca di sekitar tempat wisata Gunung Bromo,dari Wonokitri naik ke arah pintu masuk untuk membeli karcis masuk,setelah itu lanjut menuju arah pegunungan Bromo.

2.PENGINAPAN
Banyak penginapan di sekitar area tempat wisata Bromo,dari mulai harga 100 ribuan sampai harga jutaan,anda bisa menyewa 1 kamar ataupun 1 rumah apabila berangkat dengan rombongan dengan harga yang lebih murah,
berbagai fasilitas penginapan seperti kolam renang,wifi,dll sudah tersedia tinggal anda memilihnya.
Bagi anda yang modalnya pas pasan disarankan mencari penginapan sebelum daerah Wonokitri ,karena harganya lebih murah,tapi lumayan agak jauh menuju pegunungan Bromonya,untuk penginapan di daerah Wonokitri sampai mendekati daerah Bromo harganya lumayan Mahal.
Sebelum sampai Wonokitri biasanya sudah banyak yang menawarkan penginapan ataupun sewa kendaraan untuk menjelajah tempat wisata.

3.KENDARAAN
a.Motor
Bagi anda yang menggunakan sepeda motor bisa langsung menuju ke tempat area wisata yang dipilih,yakinkan motor anda mesin dan remnya sehat agar aman dikendarai,karena jalanan yang berkelok kelok tanjakan dan turunan,untuk mengunjungi area berpasir sebaiknya menggunakan trail,tapi jika pasirnya basah tersiram hujan motor dengan ban biasapun bisa lewat karena pasirnya pada,tapi tetap hati hati karena motor biasanya agak oleng.,jika motor anda matic yakinkan rem motor anda bagus agar aman dikendarai ketika melewati turunan.
b.Mobil
Bagi anda yang menggunakan mobil sebaiknya menggunakan mobil 4WD dan memiliki ban extra grip agar bisa melewati segala medan di tempat wisata,mobil tanpa 4WD pun bisa dipakai untuk mengunjungi tempat wisatanya kecuali di daerah berpasir,saran saya agar mobil anda aman lebih baik anda menyewa mobil Jeep Hardtop dari Wonokitri,keuntungannya mobil anda lebih aman jika ditinggal daripada harus menjelajah ke area wisata yang extrim.Jeep Hardtop bisa memuat sampai 6 orang,disamping itu ada kebijakan dari pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mewajibkan pengunjung menggunakan layanan sewa Jeep Hardtop,jangan khawatir karena semua driver sudah handal.
c.Ojek
Bagi anda yang memakai kendaraan umum atau kehabisan Jeep anda bisa menggunakan ojek untuk menuju daerah wisata dari tempat anda menginap,jangan khawatir ojek disana sudah mengenal medan,jadi aman untuk dinaikin.

3.TARIF SEWA JEEP
Tarif Jeep jalur Wonokitri - Bromo , termasuk sopir,BBM dan parkir,tapi tidak termasuk tiket,makan,dan pengeluaran pribadi,menurut area wisata yang akan dikunjungi:
- Penanjakan1 (sunrise view point)- Kawah Bromo - Pasir Berbisik - Savana:

- jam 03.00 ;penjempitan di lokasi penginapan atau di area parkir Jeep
- jam 03;45 ;sampai di puncak penanjakan 1 dan menikmati sunrise bromo
- jam 06.00 ;turun dari penanjakan 1 menuju kawah Bromo,dari situ anda bisa
jalan kaki atau naik kuda untuk menuju kawah Bromo
-jam 08.00 ;setelah selesai dari kawah bromo,route perjalanan menuju Pasir
Berbisik
-jam 09.00 ;menikmati indahnya pemandangan Savana/Bukit Teletubis
-jam 10.00 ;sampai di meeting Point.

5.FASILITAS
Fasilitas seperti WC,kamar mandi,mushola,ada di Penanjakan 1,biasanya pengunjung dari mulai jam 01.00 sudah mulai berdatangan untuk memilih tempat agar nyaman ketika menunggu sunrise,disana (love hill) ada penyewaan kursi dan tikar,di beberapa warung tersedia makanan berupa mie,roti dan gorengan,berbagai minuman soft drink dan coffe,Harga makanan dan minuman lumayan mahal bisa 3x lipat,lebih baik anda membawa bekal sendiri.

6.TIPS
- saat anda mengunjungi bromo usahakan jangan musim penghujan,karena
anda akan ribet harus membawa payung dan akan kehilangan moment
untuk bisa melihat sunrise di Bromo pada pagi hari
- siapkan baju hangat atau jaket tebal,kaus kaki,topi dan masker penutup
wajah,karena udara di puncak Bromo bisa mencapai 5 derajat bahkan
sampai dibawah 0 derajat celcius,tapi jangan khawatir,disana banyak penjual
dan penyewaan baju hangat yang harganya sangat terjangkau.

Demikian sedikit informasinya mudah mudahan bermanfaat.